Tuesday 3 May 2011

Syukur




Yak syukur. Kenapa aku bilang syukur? Karena kita harus bersyukur J
Jadi sebenarnya aku kepikiran tema ini karena waktu itu aku baru pulang dari Jodoh. Terus, apa hubungannya Jodoh ama syukur? Terus, Jodoh disini bukan dalam artian kayak pacar gitu loh, tapi nama suatu tempat di Batam, Indonesia J
Balik ke topik. Sebelum aku jelasin hubungan Jodoh ama syukur, aku mau cerita dulu. Kan gini, aku itu murid kelas 2 di suatu SMA yang ada di kampung  halamanku, Batam. Sebagai murid di SMA, itu berarti masa-masa bagi aku ama teman-teman ku untuk berkembang kan? Bahasa kerennya, puber-lah gitu. Jadi, sekarang ini masanya bagi kami untuk bersenang-senang gitu. Dikit-dikit, kami pengen jalan, ke pantai, nonton, berenang, karokean, dll. Terus kalo ada barang bagus yang unik dan murah, pasti kami langsung heboh mau beli.
Tapi entah kenapa, aku gak tertarik ama hal-hal yang kayak gitu. Aku gak suka keluar rumah, aku gak suka beli barang-barang bagus yang unik dan murah. Aku lebih milih ngabisin uang untuk beli buku (novel loh, bukan sejenis ensiklopedia yang tebalnya bisa untuk nimpuk orang :D), atau uangnya disimpan atau ditabung.
Sebenarnya, aku iri sama mereka. Mereka dengan mudah bisa beli barang barang bagus kalo mereka mau, tanpa harus kepikiran uang-nya. Sedangkan aku, tiap aku mau beli yang kayak gituan, pasti aja aku ke inget uangnya, dan aku selalu mikir kalo aku beli barang itu, berarti bulan ini aku gak bakal bisa nyimpan uang. Kadang, pikiranku ini agak lebe-lebe (baca : lebay-lebay) gimana gitu. Kayak yang harga  barangnya selangit kali aja, ampek gak bakal ada uang sisa untuk bulan ini. Tapi entah kenapa, hal itulah yang udah terekam kuat di otakku.
Belum lagi kalo mereka sering jajan-jajan apa gitu, di kantin. Kayaknya, mereka udah ngerasain semua rasa makanan yang ada di kantin. Sedangkan aku? Jangan ditanya :D. Habisnya, aku bingung mau beli apa. Jajanan yang ada di kantin sama yang kayak di jual di rumah. Kalo  di rumah aku bisa ambil makanan gratis, kenapa aku harus beli makanan di kantin?
Pokoknya, banyak lagi hal-hal lain yang buat aku iri dan minder sama mereka. Sampai akhirnya aku pergi jalan-jalan ke Jodoh. Bagi sebagian orang, mungkin agak-agak gak level jalan-jalan ke Jodoh. Aku maklum, banyak penjual sayuran disana. Terus, kalo mereka udah mau pulang, sisa-sisa sayuran yang berserak gak di beresin. Jadinya jalanan kotor ama sayuran, di tambah adanya air yang datang entah darimana.akhirnya, mungkin banyak orang yang agak “risih” kesana.
Tapi aku gak ngerasain itu sama sekali. Karena dari kelas 3 SD, setiap 3 kali seminggu aku selalu kesana. Prinsip aku, Kate Middleton yang istri calon raja Inggris aja pas pernikahannya cuma dandan sendiri, padahal dia bisa nyewa penata rias terbaik di Inggris, bisa hidup dengan sederhana. Toh, kenapa kita yang hanyalah seorang “rakyat biasa” malu untuk bersikap sederhana, atau malu terhadap hal-hal sederhana. Gak semua hal yang sederhana itu jelek loh, yakan? J

Jadinya, pas dalam perjalanan ke Jodoh aku ada ngeliat gerombolan anak kecil yang keliatan kumal, dan aku rasa itu anak jalanan di lampu merah. Ya Allah, aku yang dari lahir sampai  sekarang umurku 15 tahun, aku gak pernah turun ke jalanan untuk nyari uang. Alhamdulillah aku masih punya orang tua yang bisa ngasih nafkah berkecukupan.
Terus, pas udah nyampe Jodoh aku ngeliat cowok yang kira-kira sepantaran ama aku beserta adek permepuannya yang masih kecil, masih dengan berpakaian kumal. Waktu itu, aku ngedenger kalo abangnya itu mau pergi sebentar. Dan dia nenangin adeknya yang keliatan agak takut karena di tinggal sendirian. Seolah-olah, dia gak punya siapa-siapa lagi kecuali abangnya itu. Aku lihat abangnya itu sayaaaaannnngggggg banget ama adeknya.
Aku iri L. Aku iri :’(. Dari dulu aku pengen punya abang atau kakak, tapi kalo udah terlahir sebagai anak pertama, gak mungkin berubah lagi kan? Gak mungkin aku kesedot lagi ke dalam perut mama, terus mama ngeluarin anak cowok atau cewk yang bisa jadi kakak ato abang aku. Ckckck
Tapi, aku sadar. Mungkin aku iri sama anak perempuan kecil itu karena punya abang yang sayang banget sama dia sedangkan aku gak punya. Tapi, mungkin aja kalo anak perempuan itu Cuma punya abangnya aja. Maksud aku, keluarga yang dia punya Cuma abangnya itu aja. Sedangkan aku? Aku masih punya orang tua lengkap yang sayang sama aku, beserta kedua adek-adek yang sangat menyebalkan, tapi yang aku yakin mereka juga sayang sama aku. Jadi gak seharusnya aku iri sama anak perempuan kecil itu.
Satu yang aku dapat, kita gak boleh iri sama orang lain. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, punya keunggulan juga kelemahan. Gak ada yang sempurna, karena yang sempurna Cuma punya Allah semata. Harusnya kita syukuri apa yang telah Allah berikan ama kita. Karena apabila kita bersyukur, Allah akan melebihkan apa yang kita punya J
Lagian ada kan lagu yang kayak gini,
Syukuri apa yang ada. Hidup adalah anugrah. Tetap jalani hidup ini. Melakukan yang terbaik.
Tuhan pasti kan menunjukkan kuasa  nya yang besar.  Bagi hambanya yang sabar, dan tak kenal putus  asa.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home