Friday 26 November 2010

Hari Ibu (Mother's Day)

Perayaan Hari Ibu di Sejumlah Negara













INDONESIA

Hari Ibu di Indonesia jatuh pada tanggal 22 Desember. Pada awalnya, Hari Ibu ditetapkan untuk menandai hari saat semua perempuan di Indonesia bangkit dan ikut serta dalam pembangunan nasional.

PERANCIS

Hari Ibu di negara ini dirayakan pada hari minggu terakhir di bulan Mei. Anak-anak membuat kartu ucapan dan berlatih membaca sajak sebagai hadiah kejutan untuk ibu mereka. Semua anggota keluarga makan bersama dengan hidangan istimewa. Sehabis makan, Ibu mendapat kue dan hadiah yang telah disiapkan oleh anak-anak.

SPANYOL

Di negara ini, Hari Ibu jatuh pada tanggal 8 Desember. Untuk merayakan Hari Ibu, anak-anak membuat kartu ucapan istimewa. Mereka juga menyiapkan hadiah buatan sendiri meskipun toko-toko menjual coklat, bunga, dan berbagai hadiah pada Hari Ibu.

AUSTRALIA

Hari Ibu di negara ini dirayakan pada hari minggu kedua bulan Mei untuk menghormati Ibu, Nenek, dan para perempuan lain yang menyayangi mereka seperti Ibu.
Pada hari ini, penduduk Australia melakukan tradisi menyematkan bunga anyelir di pakaian. Anyelir putih untuh menghormati ibu yang telah meninggal, sedangkan yang bewarna lain untuk ibu yang masih hidup. Selain itu mereka juga menyiapkan sarapan agar Ibu bisa menyantapnya di tempat tidur.
SWEDIA

Hari ibu di Swedia juga dirayakan pada tanggal yang sama seperti di Perancis. Jauh-jauh hari sebelum Hari Ibu tiba, Palang Merah Swedia menjual bunga-bunga kecil dari plastik. Uang yang terkumpul untuk menolong para ibu dan anak-anak yang membutuhkan.

YUNANI

Orang Yunani Kuno merayakan Hari Ibu saat musim semi. Pada hari tersebut saat fajar mulai menyingsing, mereka mempersembahkan kue-kue yang terbuat dari madu, minuman, dan bunga-bunga kepada Rhea, Ibu dari segala dewa.

AFRIKA SELATAN

Perayaan Hari Ibu dirayakan pada hari Minggu kedua Mei. Hari Ibu tidak hanya dirayakan sebagai bentuk terima kasih dan hormat untuk ibu, nenek, dan para wanita yang sudah di anggap seperti ibu.
Seperti di Australia, penduduk Afrika Selatan juga melakukan tradisi menyematkan bunga anyelir di pakaian. Anyelir merah jambu untuk ibu yang masih hidup dan putih untuk ibu yang sudah meninggal.


Panggilan Ibu dalam Berbagai Bahasa
·        Betawi   :   enyak
·        Batak   :     omak
·         Hindi   :   maji
·         Sunda   :   emak
·         Perancis   :   mere
·         Urdu   :   umee
·         Jawa   :   simbok
·        Jerman   :   mutter


Sumber : KOMPAS, Minggu 20 Desember 2009

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home